RSS

Kisah seorang nelayan Meksiko

14 Apr


Seorang Investor (Bankir) Amerika berada di dermaga sebuah desa kecil di pesisir Meksiko ketika sebuah perahu kecil dengan seorang nelayan berlabuh.

Di dalam perahu kecil itu terdapat seekor ikan tuna sirip kuning yang besar. Si Bankir Amerika memuji Si Nelayan Meksiko atas kualitas ikannya dan bertanya berapa lama waktu untuk menangkap ikan itu.

Si nelayan menjawab, “Hanya sebentar.”

Si Bankir kemudian bertanya, “Kenapa kau tidak tinggal lebih lama dan menangkap lebih banyak ikan?”

Meksiko mengatakan, “Dengan ini sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga saya.”

Amerika kemudian bertanya, “Tapi apa yang kau lakukan dengan sisa waktu Anda?”

Para nelayan Meksiko mengatakan, “Saya tidur larut malam, makan ikan ikan sedikit, lalu bermain dengan anak-anak saya, Dan kadang tidur siang dengan istri saya, Maria, berjalan-jalan ke desa setiap malam di mana saya mencicipi anggur dan bermain gitar dengan kawan kawan saya, saya memiliki hari yang penuh kesibukan dalam hidup. ”

Si bankir mengejek, “Saya seorang MBA Harvard dan dapat membantu Anda…… Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu memancing, dan dengan hasil tersebut bisa membeli perahu yang lebih besar:.. Lalu hasil dari perahu yang lebih besar Anda bisa membeli beberapa perahu akhirnya Anda akan memiliki armada kapal penangkap ikan.Dan Daripada menjual hasil tangkapan anda ke perantara Anda akan menjual langsung ke pasar. Akhirnya anda bisa membuka pabrik pengalengan Anda sendiri Anda akan mengontrol produk, pemrosesan dan distribusi..

Kemudian Anda akan meninggalkan desa nelayan kecil di pantai ini untuk pindah ke Mexico City, kemudian Los Angeles dan akhirnya New York di mana Anda akan menjalankan perusahaan Anda yang terus berkembang. ”

Si nelayan Meksiko bertanya, “Tapi, berapa lama semua itu berlangsung?”

Si Bankir Amerika menjawab, “15 sampai 20 tahun.”

“Trus kemudian apa ?” tanya tanya si nelayan Meksiko.

Orang Amerika itu tertawa dan mengatakan bahwa itu yang terbaik. “di waktu yang tepat Anda akan mengumumkan IPO dan menjual saham perusahaan Anda kepada publik dan menjadi sangat kaya, Anda akan menjadi milyader.”

“Milyader … Lalu apa??”

Si Amerika mengatakan, “Kemudian anda akan pensiun. Pindah ke sebuah desa nelayan kecil di mana Anda akan tidur larut malam, makan sedikit, bermain dengan anak-anak Anda, tidur siang dengan istri Anda, berjalan-jalan ke desa di malam hari di mana Anda bisa mencicipi anggur dan bermain gitar Anda dengan kawan kawan Anda. ”

– Author Unknown

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 14, 2011 in Catatan Teman, Cerita

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: