RSS

Jurnalisme Copas

23 Agu

Gambar di unduh dari Google

Gambar di unduh dari Google


Ada hal yang menarik saat saya membaca berita sepakbola pagi ini. Tentang kemenangan Barcelona atas Napoli dengan skor cukup telak. Yaitu reportase dari beberapa media yang tidak sinkron. Ada beberapa portal berita online yang selalu saya buka saat mencari informasi atau sekedar membaca berita. Karena membaca berita secara online lebih mudah karena mobile, praktis dan hemat.
Hal menarik yang saya maksud adalah perbedaan informasi tentang pemain yang mencetak gol pada pertandingan tersebut. Sebagai pembanding saya mengambil gambar dari tiga portal berita online

Kompas.com

Detiknews.com

Vivanews.com

Dari ilustrasi diatas jelas terlihat perbedaan itu. Pertanyaannya siapa diantara ketiga reportase itu yang sahih ? Apakah Messi mencetak 2 gol versi kompas dan Vivanews, atau Hattrick versi Detiknews ?
Berita tersebut menimbulkan 3 tanya
1. Apakah wartawan ketiga berita tersebut menonton pertandingan di lapangan yang berbeda ?
2. Apakah mereka menonton di televisi yang berbeda ?
3. Atau mereka mengutip sumber berita yang berbeda ?
Pertanyaaan pertama hanya mereka yang tahu, walaupun saya tidak yakin ada diantara pemilik media yang menirim reporter kesana. Karena pertandingan tersebut tidak terlalu penting.
Pertanyaan kedua, lebih mungkin. Walau saya tak tahu mereka nonton di chanel mana. Mungkin wartawan yang beritannya salah diantara ketiganya. Tidak serius menonton atau tidak begitu hobi bola. Sehingga saat bertugas mencermati laga di TV. Sesekali ganti chanel nonton Komeng di TV sebelah.
Pertanyaan ketiga, karena ketiga portal berita diatas tidak mencantumkan sumber kutipannya. Maka saya menganggap mereka tidak mengutip dari mana- mana. Karena bila ternyata berita mereka hanya kutipan, maka itulah yang saya sebut “Jurnalisme copas” . Mengutip tanpa mencantumkan sumber berita.
Semoga kejadian ini tidak berpengaruh apa –apa terhadap kredibilitas ketida portal berita di atas. Walau terkesan remeh tapi tetap berkaitan dengan etika. Apalagi ketiganya portal berita online resmi.
Hmm,…ternyata cepat memang tak selalu akurat.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 23, 2011 in Berita

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: