RSS

Huruf – Huruf Yang Luar biasa

24 Agu

Courtesy of Google

Courtesy of Google


Tentu saja menulis itu mudah,karena sejak belum sekolah pun ada diantara kita yang sudah diajari menulis. Tapi membuat tulisan yang bernilai itulah yang tidak mudah. Sebenarnya kalo di pikir pikir sehebat dan sebanyak apapun tulisan tetaplah ia hanya kombinasi dari 26 huruf dari A sampai Z (dengan catatan tulisan itu ditulis dengan huruf latin tentu saja). Tapi kombinasi huruf yang sedikit itu dapat merangkai kata , lalu kata merangkai kalimat dan terciptalah begitu banyak karya – karya yang luar biasa. Dan tak sedikit yang abadi sepanjang masa. Menciptakan ribuan tokoh terkenal yang menjadi sumber inspirasi yang tak habis – habisnya. Dengan modal abjad yang 26 tersebut banyak orang yang sebelumnya bukan siapa – siapa menjelma menjadi sosok luar biasa. Hamka, Andrea Hirata, Habiburrahman El Zirasy sampai JK Rowling contohnya. Dan 26 abjad itu bisa menjadi modal siapa saja , karena sukurlah huruf tersebut tak ada pemilik patennya. Tapi kita tak punya cukup sumberdaya untuk merangkainya menjadi karya luar biasa.

Saat membaca tulisan yang bagus dan begitu menarik hingga mempesona kita .Kita sering berujar dalam hati “ kok bisa ya si penulis berfikir sampai kesitu” dan berbagai ungkapan pujian lainnya. Mungkin kita bisa bilang huruf di benak seorang penulis hebat seperti kuas, kanvas dan tinta ditangan seorang pelukis hebat. Sama – sama menciptakan karya luar biasa. Bedanya anda harus ke toko khusus untuk jadi pelukis tapi hanya butuh huruf untuk menjadi penulis. Dan sebagai karya, tulisan lebih bisa dinikmati dari lukisan. Lebih bisa dibagikan dan lebih bisa memberi pengaruh bagi banyak orang. Tulisan bisa menjadikan seorang penulis sangat kaya, dibanding lukisan yang baru menjadi sangat berharga saat pelukisnya tiada.

Saat anda di depan notebook. Tataplah keyboard anda . disana ada tombol – tombol yang diatasnya tertera huruf, angka dan beberapa tanda baca. Itulah modal yang digunakan oleh orang – orang yang menjadikan mereka luar biasa ( yang saya maksud hurufnya bukan notebooknya ). Tapi tak menjadi apa – apa ditangan kita. Kata pepatah untuk menjadi pintar perlu belajar, dan guru terbaik adalah pengalaman. Dan pengalaman paling banyak yang dllalui seorang penulis hebat adalah membaca.Karena bahan bakar tulisan adalah bacaan. Dan seorang penulis ulung pastinya seorang pembaca ulung. Anda akan tercengang kalo punya kesempatan untuk bertanya pada mereka , sudah berapa banyak buku yang mereka baca.

Lalu bagi kita yang suka menulis pastinya ingin seperti mereka. Tapi terlalu banyak hal yang harus kita lalui dulu untuk sampai ketahap seperti dimana sekarang mereka berada. Dan sebagian besar dari kita tak yakin akan sempat melewati tahap – tahap tersebut. Jadi cukuplah bisa membuat artikel – artikel yang sempat dibaca orang, itu sudah memberi nilai dan memberi sedikit kebanggaan bagi diri kita. Sekecil apapun. Dan intinya seperti saat anda ingin membuat karya origami, anda harus melipat kertas terus menerus berulang – ulang sampai suatu saat tercipta karya yang indah tanpa peduli berapa banyak sampah yang anda hasilkan. Maka anda juga butuh perjuangan yang sama saat merangkai huruf tanpa peduli berapa banyak kritikan dan ketidak pedulian yang anda terima. Dengan catatan teruslah membaca. Sekian .

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 24, 2011 in Aku Menulis

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: