RSS

Film Berkesan Dan Inspiratif

14 Nov

Film adalah salah satu media seni yang dapat meninggalkan kesan yang mendalam. Saya yakin setaip anda punya film favorit masing – masing. Yang selalu anda ingat karena , berkesan dan terkadang menginspirasi hidup anda. Berikut adalah tiga film yang begitu berkesan bagi saya.

1. Mask

Ini bukan film-nya Jim carrey. Film ini saya tonton sudah cukup lama di sebuah TV swasta.Di bintangi diantaranya oleh Cher, Eric stoltz dan Sam Elliot. Film ini diangkat dari kisah nyata tentang seorang anak bernama Roy L Dennis atau dipanggil Rocky. sejak kecil rocky menderita penyakit aneh yang disebut craniodiaphyseal dysplasia sehingga wajahnya terlihat menyerupai singa. Sangat tidak enak untuk dilihat.

 

Walau terlahir sebagai anak yang berbeda. Ibunya berhasil membesarkan dan mendidiknya menjadi anak yang tidak terganggu dengan keadaan tersebut. Padahal ibunya adalah seorang pecandu obat.

Rocky tumbuh menjadi anak yang percaya diri, ramah, baik hati dan cerdas. Sebenarnya dia dapat merasakan lingkungannya tetap melihat sebagai anak yang berbeda. Walau satu – satunya yang membuatnya berbeda adalah tampilan wajahnya selebihnya dia sama seperti anak yang lainnya.

Rocky bercita – cita tinggi. Saat lulus sekolah dia merencanakan keliling Eropa mengendarai motor bersama seorang temannya. Bahkan dia telah mempersiapkan segalanya. Di dinding kamarnya ia memasang peta besar , lalu menadai negara – negara yang akan disinggahinya. Ia kemudian lulus sebagai salah satu murid terbaik mendapat penghargaan untuk mata pelajaran mate – matika , sejarah dan sains.

Di suatu acara perkemahan Rocky jatuh cinta pada seorang gadis cantik bernama Diana. Gadis itu pun menyukainya. Karena gadis itu tidak bisa melihat wajah Rocky, karena Ia seorang gadis buta. Tapi tidak orang tuanya. Orang tua Diana tak suka melihat tampilan fisik Rocky. Dan hubungan itu kandas. Rocky sangat kecewa dan lebih kecewa lagi saat temannya yang berjanji akan menemaninya tur keliling Eropa membatalkan rencananya.

Sampai suatu pagi sang ibu menemukan Rocky meninggal dalam tidurnya. Setelah sebelumnya mengalami sakit kepala yang hebat. Rusty merasa sangat sedih. Kemudian memberi tanda pada peta eropa yang menjadi rute perjalanan rocky di kamar tersebut seraya berkata,” Sekarang kamu dapat pergi kemanapun yang kamu mau, sayang !”

Banyak sekali kesan yang tertinggal setelah menyaksikan film ini. Diantaranya tentang berfikir positif, penerimaan dan kasih sayang yang tulus. Sebagai seorang ibu yang penuh kekurangan, Rusty berhasil membuat Rocky tumbuh menjadi anak yang bisa menerima keadaannya tanpa kehilangan kegembiraan dan rasa humor. Disatu sisi dia memiliki “kekurangannya” , disisi lain Rocky memiliki begitu banyak kelebihan.

NB : Berhubung banyak yang penasaran dengan ni film. Iseng – iseng searching di INDOWEBSTER . Dan alhamdulillah File – nya ada. Bagi yang ingin download Besar file 700 MB . Kualitas DVDrip.

DOWNLOAD KLIK DISINI

2. Life Is beatiful .

Guido adalah seorang Italia keturunan yahudi. Seorang lelaki periang dengan selera humor luar biasa . Ia selalu bisa menikmati hidup, seperti apapun kesulitan yang dialaminya. Sampai suatu saat hidupnya berubah saat Ia dan keluarganya tertangkap oleh pasukan Nazi dan dikirim ke kamp konsentrasi.

Bersama Joshua anak laki – lakinya ia menjalani kehidupan baru di kamp itu. Dia mengerti denga apa yang sedang dihadapinya. Tapi itu tak menjadikannyalarut dalam rasa sedih dan putus asa. Karena Guido ingin melindungi anaknya satu – satunya dan tak ingin sang anak mengetahui keadaan sesungguhnya. Joshua (6 tahun) masih terlalu kecil untuk bersentuhan dengan penderitaan. Mulailah dengan segala keterbatasan, ia merancang hidup yang indah bagi anaknya di kamp itu. Dan uniknya saat dewasa baru sang anak menyadari bahwa dia pernah tinggal di sebuah kamp Nazi.

Film ini mengajarkan bahwa kebahagian tidak selalu dipengaruhi faktor diluar kita. Diri kita sendirilah yang mampu menciptakan kebahagiaan itu. Karena kadang kebahagiaan tergantung apa yang ada dalam fikirkan kita. Tergantung seperti apa cara pandang kita terhadap dunia ini. Dunia bisa jadi tempat yang penuh penderitaan. Tapi bisa juga jadi tempat yang indah. semua tergantung seperti apa kita memandang hidup itu sendiri.

Kita kadang beranggapan bahwa kita baru bisa bahagia bila bisa mengubah situasi dan mengubah orang – orang yang ada disekitar kita. Atau terpenuhinya segala keinginan kita. Padahal dengan situasi seperti apapun, dengan orang – orang seperti apapun disekililing kita atau dengan apapun yang kita miliki. Kita tetap bisa berbahagia. Bila kita bisa berdamai dengan hati kita.

3. Gunslinger Revenge.

Dari judul keliatan kalo ni film genre-nya “action” banget. Padahal film ini lebih ke drama dan sedikit humor. Walau action nya juga ada di akhir – ahir cerita. Diadaptasi dari novel dan film Italia. Film ini bercerita dari perspektif seorang anak berusia 9 tahunan bernama Jeremiah. Ini film terfavorit saya, hingga menjadi salah satu dari sedikit film yang sering saya putar berulang – ulang.

Ayahnya seorang “dokter” dipanggil Doc lowen disebuah daerah terpencil yang bercampur dengan pemukiman suku Indian. Doc Lowen ini sebenarnya bukan dokter formal. Ia “diangkat” menjadi dokter karena berhasil mengobati seorang kepala suku Indian. Dan berhasil mengatasi sebuah wabah penyakit yang menyerang suku tersebut. Keberhasilan itu membuat dia di daulat menjadi dokter. Dan dinikahkan dengan anak gadis si kepala suku yang bernama Pearl. Dan dari perkawinan inilah lahir si Jeremiah.

Doc Lowen punya masalalu yang luar biasa. Ayahnya, Johnny Lowen adalah seorang Gun Fighter dan petualang yang terkenal sebagai Bad boy. Stigma negatif inilah yang ingin dihapus Doc Lowen terhadap keluarganya. Hingga ia mengabdikan dirinya untuk kemajuan dan kebaikan kota kecilnya. Dia punya keinginan bahwa suatu hari kota kecilnya memiliki rel kereta api. Agar tidak terisolir lagi. Dan harapan itu juga yang ia tanamkan pada anak semata wayangnya Jeremiah. Agar besar nanti menjadi dokter sungguhan. Walau sang anak ternyata sangat bandel, mirip kakeknya.

Dan semua menjadi kacau ketika suatu hari sang ayah balik ke kota kecil itu. Dan sialnya sang ayah disambut sebagai seorang selebritas oleh seisi kota. Bahkan juga menggemparkan komunitas Indian yang bermukim tak jauh dari kota itu. Karena walau seorang badboy Johnny Lowen ini termasuk orang paling berjasa terhadap keberadaan kota kecil itu. Yang sebelumnya berkonfrontasi dengan Suku Indian. Dan setelah damai Johnny Lowen kembali berpetualang.

Yang paling resah dengan keadaan ini adalah Doc lowen. Ia sebenarnya tak pernah ingin ayahnya kembali. Karena dapat menghancurkan apa yang ingin ia bangun. Akhirnya konflik emosi antara ayah dan anakpun terjadi. Apalagi yang menjengkelkan doc Lowen adalah anaknya begitu mengidolakan sang kakek. Bahkan Doc lowen sempat marah besar ketika si anak membolos sekolah dan ikut si kakek belajar menembak.

Doc Lowen lalu meminta ayahnya untuk pergi karena keberadaanya dapat mengganggu ketentraman kota itu. Tapi sang ayah kemudian berjanji bahwa ia telah tobat. Dan hanya ingin menghabiskan sisa hari tuanya di kampung halamannya. Sampai suatu hari mereka kedatangan tamu serombongan gunfighter maniak yang terobsesi dengan nama besar Johnny lowen. Nah, adegan – adegan action dimulai dari sini. Dan bagi saya tak terlalu menarik lagi, walau pemeran utama tokoh antagonisnya adalah David Bowie. Penyanyi namanya masuk sebagai vokalis terbaik sepanjang masa. No. 6 versi majalah NME dan No. 23 versi majalah Rolling stone.

Seperti dua film sebelumnya , film inipun memberi pesan tentang bersikap positif. Jangan pernah terperangkap oleh amarah (soal ini saya pernah tulis sebelumnya). Kemudian juga tentang berdamai dengan diri sendiri dan masa lalu. Dan penting nya cita – cita dan ketulusan hati. Saya sangat terkesan dengan perjuangan Doc Lowen yang ingin menebus “kesan buruk” yang ditinggalkan ayahnya. Walau dia sempat juga kehilangan ketenangannya saat sang ayah kembali ke kampungnya. Bukti bahwa bagaimanapun dia juga manusia biasa. Walau dia digambarkan sebagai pecinta perdamaian sejati. Tapi justeru sulit berdamai dengan ayahnya sendiri. Walau kemudian cerita ini berakhir happy ending.

Demikianlah tiga film diantara film – film lain yang saya anggap sangat inspiratif. Masih ada juga beberapa film yang juga saya favoritkan seperti Good will Hunting, Children of heaven ( Film Iran), dll. Tapi saya pikir yang saya tulis sudah lebih dari cukup. [*abieomar]

Sekian.

Iklan
 
6 Komentar

Ditulis oleh pada November 14, 2011 in Aku Menulis, Opini

 

Tag: , , ,

6 responses to “Film Berkesan Dan Inspiratif

  1. Hana

    November 14, 2011 at 7:11 am

    hwaaaa, ada Life is Beautiful, itu film favorit saya juga…. bikin ketawa plus nangis berbarengan… filmnya juga penuh makna. Keren banget pokonya… hmm, saya penasaran banget sam Mask, belum pernah nonton soalnya..

     
    • abieomar

      November 15, 2011 at 5:06 am

      Ya,.. Life is beautiful emang yang paling terkenal n dapet banyak penghargaan. Ntar yang mask tak cariin link – nya. Jadi kalo dapet tak pasang disini. Jadi siap2 download aja yah, heheeheh

       
  2. Usman 13

    November 14, 2011 at 9:02 am

    Nice posting, sama dgn Hana.. penasaran juga dgn Mask

     
    • abieomar

      November 15, 2011 at 5:10 am

      Thank’s Bro ! Mask nih emang film lama. Saya juga dulu nontonnya gak sengaja di sebuah TV swasta. Asli ni film bener2 nyentuh. Seorang anek yang dilahirkan aneh. Tapi seperti gak terganngu samasekali dengan keadaannya. Bahkan dia seperti malaikat (dalam batas2 normal) berwajah buruk. Walau dlam hati kecilnya tetap saja perasaan tertekan itu ada. Emosional banget pokoknya. Pokoknya recommended deh !

       
  3. msdienz

    November 14, 2011 at 9:27 am

    life is beautiful kereeennnn…

    Freedom Writters udah pada nonton belum?
    itu salah satu film yang paling berkesan juga menurut saia… 🙂

     
    • abieomar

      November 15, 2011 at 5:12 am

      Thank’s atas kunjungannya.

      and thank’s atas rekomendasinya. Ntar tak cariin deh ! 😀

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: